Pemprov DKI Targetkan Bangun 60 Kilometer Trotoar Per Tahun

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pembangunan 60 kilometer trotoar di Ibukota per tahun. 

Pembangunan trotoar bertujuan mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum dan mengurangi polusi udara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, target pembanguna trotoar 60 kilometer per tahun sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2017-2022. Realisasinya, pada 2017 Pemprov DKI Jakarta telah membangun 78 kilometer trotoar, kemudian 118 kilometer trotoar pada 2018 dan 67 kilometer trotoar pada 2019. 

"Berdasarkan RPJMD, target pembangunan trotoar setiap tahun sekitar 60 kilometer. Selama ini kita selalu melebihi target. Karena kita ingin segera mewujudkan tujuan awal yakni mendorong warga beralih menggunakan transportasi umum," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (23/10). 

Ia menyebutkan, saat ini Pemprov DKI Jakarta memprioritaskan pembangunan trotoar di lokasi-lokasi yang masuk Transit Oriented Development (TOD). Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan mobilitas masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. 

"Tahun 2020, kita akan bangun di Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said dan jalan protokol lainnya. Karena di sana nantinya ada LRT dari Cawang sampai Kuningan. Jadi kita permudah warga untuk menggunakan transportasi umum," tandasnya.(p/ab)